INFO PENTING ... INFO PENTING .... INFO PENTING !!! KAWAN ...
Bagi teman-teman Mahasiswa Program Pascasarjana Magister Pengkajian Islam (MPI) yang membutuhkan CONTOH MAKALAH HADIS (Free Download Here)
KUMPULAN CONTOH TESIS  
Studi tentang efektifitas program remedial dan pengayaan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa di MTS DDI Kalukuang Makassar
Abstrak
Tesis ini meneliti tentang sejauhmana efektifitas pelaksanaan program remedial dan pengayaan dalam upaya mencapai ketuntasan belajar yang maksimal, dalam penelitian ini dibahas tentang hal-hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya ketidaktuntasan belajar bagi peserta didik, teknik menentukan starategi dan bentuk tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai ketuntasan hasil belajar, dan teknik pelaksanaan program remedial dan pengayaan.
Dalam rangka mendapatkan data guna pembahasan tesis ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang diharapkan mampu memberi gambaran secara konfrehensif tentang subtansi sasaran penelitian yang dilakukan, untuk mengungkapkan fakta-fakta yang melukiskan variabel atau kondisi apa adanya tentang pelaksanaan program remedial dan pengayaan sebagai upaya mencapai target ketuntasan belajar peserta didik secara maksimal. Penelitian ini menganalisis besaran kualitas sebagai akibat dari berfungsinya pelaksanaan program remedial dan pengayaan.
Dari analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya ketidaktuntasan belajar yang dialami peserta didik (1) peserta didik yang lamban dalam berpikir merasa kekurangan waktu untuk menyelesaikan pelajaran sesuai dengan waktu yang ditetapkan jadual dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (2) persoalan pribadi dan keluarga juga turut menjadi andil yang memberi hambatan tercapainya ketuntasan belajar (3) kesalahan guru dalam menetapkan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
Bentuk tindakan yang dilakukan untuk mengatasi ketidaktuntasan belajar adalah program remedial. Melalui program ini peserta didik diberi kesempatan, waktu dan bimbingan untuk mengelaborasi ulang bahan pelajaran agar kompetensi dasar yang disyaratkan dapat dikuasai dengan baik
Selengkapnya Download disini
Prospek MAN 2 Model Makassar sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif Dalam Membentuk dan Pembinaan Akhlak di Kota Makassar
Abstrak
Selengkapnya Download disini

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah 

Tesis ini membahas masalah pokok, yakni; bagaimana prospek MAN 2 Model sebagai lembaga alternatif Dalam Membentuk dan Pembinaan Akhlak di Kota Makassar. Agar lebih terarahnya pembahasan dalam tesis ini, maka masalah pokok tersebut dibatasi dalam tiga sub masalah, yaitu: Pertama, bagaimana pelaksanaan pendidikan pada MAN Model Makassar, Kedua, bagaimana Konstribusi MAN Model Makassar sebagai lembaga pendidikan alternatif dalam pembentukan nilai-nilai akhlak pada siswa di kota Makassar, dan Ketiga, bagaimanakah Pengaruh pelakasanaan strategi pembelajaran di MAN Model sebagai lembaga alternative di Kota Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan adalah, Sosiologis, dan Fenomenologis, Sumber data penelitian ini terdiri dari guru-guru, dan siswa MAN Model Makassar sebagai responden dan sekaligus informan. Pengumpulan data mempergunakan Instrumen dan daftar pertanyaan tertulis, dokumentasi, wawancara langsung dan observasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Untuk mengukur validitas instrumen digunakan rumus pearson product moment. Sumber data dalam penelitian ini bersifat data primer dan data sekunder.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan pada MAN Model Makassar dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dalam pembinaan akhlak yaitu untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki akhlak dan kemampuan akademik yang profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, adapun Konstribusi MAN Model Makassar sebagai pendidikan Alternatif dalam pembentukan nilai-nilai akhlak pada siswa yaitu MAN Model dalam konteks global dalam membentuk SDM yang profesional, maka yang dilakukan oleh pihak pengelola yaitu perubahan pola pikir antara lain: Pola lama, yang berorientasi masa silam ke orientasi masa depan, dari kurikulum tingkat satuan pembelajaran pasif ke kurikulum menuju pola pikir aktif-positif, dari cara mengajar dosen aktif ke cara mengajar partisipatif, diskusi dan demonstrasi (praktek) serta menerapkan pilar pendidikan yaitu Learning to know, learning to do, learning to be and learning to live together sedangkan pengaruh pelaksanaan strategi pembelajaran di MAN Model telah menerapkan sistem pembelajaran yang berorientasi pada IMTAQ dan IPTEK. Hal ini dilakukan dalam rangka menyapa realitas sosial di masa datang,
Dalam implikasi tesis ini penulis memiliki suatu analisa bahwa Prospek MAN Model sebagai lembaga alternative di Kota Makassar dapat dikembangkan berdasarkan perkembangan metodologis dunia pendidikan yang semakin variatif. Aspek pendahuluan pada tatap muka pertama sangat penting dilakukan untuk memancing bakat minat dan kecenderungan siswa serta motivasinya demikian juga dengan tahap pengorganisasian inti pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Strategi pembelajaran tidak terlepas dari fasilitas sekolah, kompetensi guru, peserta didik dan organisasi sekolah
Peranan Pemampatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada MAN 2 Tulehu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku
Abstrak
Selengkapnya Download disini
 
 
 
Tesis ini meneliti tentang sejauhmana peranan pemampatan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa secara maksimal, dalam penelitian ini dibahas tentang fungsi dan mampat media pembelajaran, jenis-jenis dan kriteria pemilihan media yang tepat pada masing-masing mata pelajaran agar terwujud peningkatan hasil dari proses pembelajaran yang pada gilirannya siswa mampu menguasai seluruh kompetensi (standar kompetensi maupun kompetensi dasar) yang disyaratkan kurikulum.
Dalam rangka mendapatkan data guna pembahasan tesis ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang diharapkan mampu memberi gambaran secara konfrehensif tentang subtansi sasaran penelitian yang dilakukan, untuk mengungkapkan fakta-fakta yang melukiskan variabel atau kondisi apa adanya tentang pemampatan media pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, maupun materi pada masing-masing mata pelajaran. Penelitian ini menganalisis besaran kualitas sebagai akibat dari berfungsinya secara tepat pemampaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Dari analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemampatan media pembelajaran sangat berkorelasi dengan profesionalisme guru dalam pemilihan metode yang akan diterapkan pada proses pembelajaran, bila ada kesesuaian pada faktor-faktor tersebut maka hasilnya akan memuaskan. Terbukti pula bahwa media akan menjadi penghambat apabila salah dalam penerapannya.
Berdasarkan analisis ini maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sungguh memiliki peran yang sangat dominan memberi hasil yang baik bila ditunjang dengan kemampuan profesionalisme pada masing-masing guru dalam memampaatkannya.
Nilai Edukatif Terhadap Pelaksanaan Zakat pada Masyarakat di Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang
Abstrak
Selengkapnya Download disini
Tesis ini meneliti tentang sejauhmana nilai-nilai edukatif yang dapat dirasakan oleh warga masyarakat Kecamatan Maritengngae dalam rangka pelaksanaan zakat untuk mengungkap suatu upaya menjadikan instrumen zakat sebagai solusi pada masalah ekonomi masyarakat, dalam penelitian ini dilakukan studi kasus terhadap hal-hal yang menjadi faktor peluang dan penghambat pelaksanaan zakat dengan manajemen yang baik, transfaran dan akuntabel, mengkaji tentang teknik dan strategi yang harus dilakukan untuk mencapai pengelolaan dengan manajemen yang baik tersebut.
Dalam rangka mendapatkan data guna pembahasan tesis ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang diharapkan mampu memberi gambaran secara konfrehensif tentang subtansi sasaran penelitian yang dilakukan, untuk mengungkapkan fakta-fakta yang melukiskan variabel atau kondisi apa adanya tentang pelaksanaan zakat yang baik, transfaran, dan akuntabel. Penelitian ini menganalisis besaran kualitas nilai edukatif yang timbul akibat pelaksanaan zakat yang diharapkan mampu mengedukasi pola hidup masyarakat agar tercipta keseimbangan antara zakat sebagai ibadah mahdhah dan zakat sebagai ibadah sosial.
Dari analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan zakat di Maritengngae masih bersifat konvensional yakni disalurkan secara karitas dan bersifat komsumtif, dan hanya memberikan kebahagiaan sesaat yang sifatnya sementara bukan memberi solusi kehidupan yang berkelanjutan, walaupun sudah ada upaya melakukan pemberdayaan dana zakat untuk menciptakan usaha produktif namun belum terlaksana. Nilai edukatif pelaksanaan zakat terhadap masyarakat antara lain; Ibadah zakat akan mengikis habis sifat kikir, Tumbuh rasa kebersamaan dan rasa kesetiakawanan dalam berinteraksi sosial, Menghilangkan kesombongan dan sekat perbedaan antara yang miskin dan yang kaya, Menjaga keamanan lingkungan, bahkan dari pelaksanaan zakat yang baik akan mampu membuka lapangan kerja baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Wapaupun hal yang disebutkan terakhir ini belum terlaksana akan tetapi sudah ada upaya untuk mewujudkan.

 

Beranda
Produk
Pakem
Makalah
Tesis
Pustaka
Peraturan
Kontak
Pakem Guruku.Com, Copyright 2009